Profil dan Biodata Zayn Malik

Profil dan Biodata Zayn Malik

June 3, 2020 0 By marleyvapes

Pria yang memiliki nama lengkap Zayn Javadd Malik ini merupakan salah satu penyanyi berasal dari Inggris yang diperhitungkan keberadaannya. Dirinya mengawali kariernya melalui sebuah ajang pencarian bakat The X Factor UK dan telah menjadi bagian dari boy band fenomenal, yaitu One Direction. Namun, pada beberapa tahun kemudian Zayn memutuskan untuk meninggalkan band yang telah membesarkan namanya demi kebebasan berekspresi dalam bermusik. Ingin tahu kisah selanjutnya? Yuk, simak biodata Zayn Malik lengkap berikut ini.

Biodata Zayn Malik

Nama Lahir: Zain Javadd Malik
Nama Panggung: Zayn Malik
Tempat, Tanggal Lahir: Bradford, 12 Januari 1993
Warga Negara: Inggris
Profesi: Penyanyi
Orangtua: Yaser Malik (Ayah), Tricia Malik (Ibu)

Jika kamu senang mendengarkan lagu-lagu Barat, maka kamu sudah tidak asing lagi dengan pria yang bernama Zayn Malik. Suaranya yang begitu merdu dan khas tentunya mudah sekali untuk dikenali. Terlebih dengan lagu-lagu R&B yang catchy membuat banyak orang semakin menggemari pria ganteng satu ini.

Pria berdarah Inggris-Pakistan ini lahir di Bradford dari pasangan Yaser Malik dan Tricia Malik. Zayn sendiri merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Kakak perempuannya bernama Doniya, sedangkan adiknya bernama Waliyha dan Safaa. Salah satu adiknya, yaitu Waliyha pernah muncul di dalam video musik milik One Direction yang berjudul Story of My Life (2013).

Partisipasinya dalam ajang pencarian bakat di The X Factor UK pada tahun 2010 lah yang menhantarkannya berkarier di dunia musik. Setelah dirinya diberikan kesempataan untuk bergabung dengan One Direction, namanya menjadi begitu popular. Grup yang memiliki lima anggota orang tersebut sukses dan dikenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Sayangnya, pada beberapa tahun kemudian dia memutuskan untuk keluar dari band yang telah membuatnya terkenal itu dan memilih untuk bernyanyi solo.

Tidak hanya karier bermusiknya saja yang menarik untuk kamu ikuti, tetapi juga tentang kehidupan asmaranya. Pria yang dijuluki dengan Bradford Badboy ini memang cukup terbuka tentang kisah cintanya. Sejumlah wanita cantik dari penyanyi sampai model terkenal pernah dikabarkan menjalin cinta dengannya.

Apabila kamu ingin mengetahui kisah selanjutnya, simak terus ulasannya di dalam biodata Zayn Malik lengkap ini, yuk! Mari temukan juga informasi menarik dari Zayn Malik lainnya di bawah ini.

Masa Kecil Zayn Malik

Zayn dan Saudara Perempuannya. Sumber: Twitter (zaynmalik)

Sesaat kamu melihat wajah Zayn Malik, pasti kamu penasaran dengan asal-usulnya. Pasalnya, wajahnya yang ganteng tersebut terlihat berbeda dengan wajah orang barat pada umumnya, karena dirinya mempunyai wajah kearab-araban. Ya, wajar saja kalau kamu berpikiran seperti itu karena Zayn memang mempunyai darah Pakistan yang diwarisinya dari sang ayah.

Laki-laki berkelahiran 12 Januari 1993 ini dibesarkan dari keluarga yang sederhana. Dengan jumlah anggota keluarga yang banyak, mereka tidak mempunyai tempat tinggal sendiri pada saat itu. Sang ayah dulunya bekerja sebagai personal trainer di sebuah gym dan ibunya menjadi seorang kok masakan halal di sebuah sekolah menengah di Bradford.

Orangtua Zayn adalah penganut Islam yang taat. Sang ayah memang seorang muslim, sedangkan sang ibu memeluk Islam ketika menikah. Sejak saat masih kecil, Zayn Malik dan ketiga saudaranya dididik untuk menjalankan salat lima waktu dan membaca Alquran. Bahkan, dirinya sudah khatam saat membaca kita suci umat muslim tersebut pada saat masih berumur 12 tahun.

Anak lelaki satu-satunya di keluarganya ini memang memiliki sifat yang agak pemalu. Tetapi, sedikit demi sedikit mulai terbuka dan percaya diri setelah duduk di bangku SMA. Zayn banyak sekali mengambil pelajaran seni dan sering mengikuti pertunjukan yang diadakan di sekolahnya. Bahkan, dia pernah bernyanyi sepanggung dengan Jay Sean dalam salah satu acara pentas seni sekolah.

Ketertarikan Zayn dalam bermusik awalnya karena pengaruh sang ayah yang sering mendengarkan musik reggae, R&B dan hip hop. Kalau tidak menjadi artis, ia mempunyai cita-cita menjadi seorang guru Bahasa Inggris. Wah, bisa dibayangin gak sih profil Zayn Malik menjadi guru muda?

Nah, itulah tadi sedikit kisah Zayn pada masa lalu sebelum ia menjadi terkenal beserta agamanya yang bisa kamu ketahui jika membaca biodata Zayn Malik lengkap ini.

Perjalanan Karier Zayn Malik

Louis, Niall, Zayn, Liam, dan Harry. Sumber: Instagram (niallofficial)

Jika sebelumnya kamu sudah membaca informasi mengenai masa kecilnya, saatnya lanjut untuk menyimak informasi tentang perjalanan kariernya. Bagaimana kisah awalnya Zayn terjun ke dunia musik, menjadi salah satu anggota grup populer, hingga memutuskan untuk bersolo karier bisa kamu ketahui informasi selengkapnya di bawah ini.

One Direction

Perjalanan karier Zayn bisa saja berbeda kalau pada saat itu ia memutuskan untuk tidak mengikuti audisi pencarian bakat The X Factor UK. Dalam wawancara di sebuah media, sang ibu pernah bercerita kalau Zayn Malik ingin batal mengikuti audisi tersebut karena terlalu grogi.

Pada awalnya, Zayn mengikuti audisi untuk penyanyi solo dengan menyanyikan Let Me Love You, sebuah lagu populer dari penyanyi R&B, Mario. Dirinya lolos ke babak eliminasi pertama, tetapi sayangnya tidak bisa berlanjut ke babak eliminasi final.

Simon Cowell dan Nicole Scherzinger yang merupakan juri pada pentas tersebut memutuskan untuk memberikannya kesempatan kedua dengan menaruhnya di dalam satu grup yang bernama One Direction bersama beberapa finalis terpilih lain. Beberapa finalis yang menjadi teman grup Zayn tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Louis Tomlinson, Harry Styles, Niall Horan, dan Liam Payne.

Saat itu One Direction menduduki peringkat pertama lagu saat merilis single pertamanya yang berjudul What Makes You Beautiful yang dirilis pada September 2011. Up All Night, yang merupakan album pertama mereka, emnjadi album bestseller tidak hanya di Inggris, tetapi juga di Amerika. Kesuksesan mereka juga berlanjut dengan selalu mendapatkan peringkat pertama dalam tangga lagi dunia dengan album yang dirilis yaitu, Take Me Home (2012), Midnight Memories (2013), dan Four (2014).

Namun, setelah lebih dari empat tahun bertahan dengan grup yang telah membesarkan namanya itu, Zayn Malik memutuskan untuk keluar dari One Direction. Hal tersebut dikonfirmasi pada tanggal 25 Maret 2015 oleh manajemen One Direction melalui akun Facebook resminya. Sejak saat itu, grup tersebut masih tetap menjalani aktivitas musiknya hanya dengan empat orang saja.

Solo Karier

Sumber: Instagram (zayn)

Belum genap satu tahun meninggalkan One Direction, laki-laki yang memiliki tinggi 175 cm ini merilis sebuah lagu yang berjudul Pillowtalk pada tanggal 28 Januari 2016 untuk debutnya sebagai penyanyi solo. Pada saat perilisan, lagu tersebut menempati peringkat urutan pertama dalam tangga lagu iTunes di 90 negara dan membuatnya menduduki posisi pertama pada chart Billboard Hot 100.

Zayn Malik telah merilis album solo perdananya yang berjudul Mind Of Mine (2016). Album tersebut berisikan 18 lagu bernuansa R&B di mana dirinya terlibat aktif dalam pembuatannya. Lirik lagu-lagunya pun lebih berani dan dewasa jika dibandingkan dengan karyanya ketika masih di One Direction. Album tersebut juga yang membuatnya menjadi artis pria dari Inggris yang berhasil merajai tangga lagu di US dan UK.

Pada saat diwawancarai mengenai kesuksesaannya sebagai penyanyi solo, dia pun mengaku senang dengan perubahan yang baik untuknya ini. Pasalnya, setelah beberapa tahun kebebasan bermusiknya terkekang di One Direction, akhirnya Zayn dapat merilis lagu yang diimpikannya. Kesuksesaan Zayn Malik di dunia musik juga ditandai dengan perolehan penghargaan ajang America Music Awards 2016 untuk kategori New Artist of the Year.

Zayn tidak hanya disibukkan dengan proyek solonya, tetapi dia juga berkolaborasi dengan penyanyi lain seperti Shakeships, Chris Brown, dan Sia. Zayn Malik juga mengisi soundtrack di film komedi supernatural Ghostbuster (2016) dengan menyanyikan sebuah lagu yang berjudul wHo. Terdapat juga proyek kolaborasinya bersama salah satu sahabat yaitu Selena Gomez, Taylor Swift, sebagai pengisi soundtrack Fifty Shades Darker (2017) dengan lagu yang berjudul I Don’t Wanna Live Forever. Itulah sedikit kisah tentang profil dan biodata Zayn Malik mengenai karier solonya.

Jujur Mengenai Kesehatan Mentalnya

Orang dewasa ini, banyak orang yang telah mulai terbuka mengenai kesehatan mentalnya. Para selebriti juga lebih terbuka dan tidak malu untuk membicarakan kesehatan mental mereka, salah satunya adalah Zayn Malik. Melalui bukunya berjudul ZAYN yang dirilis pada November 2016, dia membagikan sedikit kisahnya tentang betapa ruang geraknya terbatas karena peraturan manajemen. Dia juga menceritakan pengalamannya melawan penyakit mental yang dapat kamu baca melalui biodata Zayn Malik lengkap berikut ini.

Di dalam buku tersebut, Zayn Malik menceritakan tentang eating disorder atau kelainan kebiasaan makan yang dialaminya ketika masih bergabung dengan One Direction. Di tengah jadwal manggungnya yang begitu padar, dia sering tidak makan apa-apa sampai dua atau tiga hari. Pada saat itu dia tidak menyadari kalau ia mengalami penyakit mental tersebut.

Dirinya tidak hanya mengalami penyakit eating disorder saja, Zayn juga mengalami gangguan kecemasan atau anxiety. Karena terlalu parahnya, dia bahkan sampai membatalkan konser yang akan digelarnya di Dubai dan Jepang pada tahun 2016 lalu. Tetapi, pria yang berzodiak Capricorn ini sedikit demi sedikit telah terbiasa mengatasi penyakitnya tersebut.

Selain dengan mendatangi profesional, dia juga mengungkapkan kalau kini anxiety-nya telah membaik setelah dia berani jujur dan memberitahukan kepada orang-orang disekitarnya mengenai hal yang membuatnya tidak nyaman. Oleh sebab itu kamu yang memiliki masalah yang sama dengan Zayn, mungkin hal ini bisa kamu lakukan.

Apabila kamu sedang memiliki masalah kesehatan mental yang sudah menganggu aktivitasmu sehari-hari, maka tidak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada orang yang ahli, seperti psikolog dan psikiater. Jangalah kamu merasa malu karena itu untuk kebaikanmu sendiri.

Kisah Percintaan Zayn Malik

Zayn Malik & Gigi Hadid. Sumber: Instagram (gigihadid)

Walaupun Zayn telah dikenal dengan pribadinya yang misterius dan cenderung tertutup, tetapi sepertinya dia cukup terbuka tentang kisah cintanya. Sejumlah wanita cantik dikabarkan pernah mengisi kehidupan cinta penyanyi berparas tampan yang satu ini. Nah, pada penasaran, bukan siapa saja mereka? Simak terus biodata Zayn Malik lengkap di bawah ini.

Geneva Lane

Mungkin nama Geneva Lane yang kamu temukan di biodata lengkap Zayn Malik ini terdengar kurang familier. Pasalnya Zayn dan Geneva menjalin hubungan cinta pada saat keduanya masih sama-sama merintis karier saat menjadi kontestan di The X Factor UK 2010. Mereka sempat menjalani hubungan tersebut secara diam-diam lantaran adanya larangan berpacaran dengan sesama kontestan.

Namun setelah pentas tersebut telah usai, Zayn mengkonfirmasi soal gosip mengenai dirinya berpacaran melalui akun media sosial pribadinya. Sayangnya, hubungan tersebut tidak bertahan lama. Tidak tahu apa yang terjadi, tetapi Geneva menyebut Zayn seorang heartbreaker.

Rebecca Ferguson

Wanita kedua yang bisa kamu ketahui selanjutnya yang terdapat di biodata Zayn malik lengkap ini adalah Rebecca Ferguson. Keduanya juga pertama kali bertemu pada saat masih menjadi kontestan di pentas The X Factor UK 2010. Namun, hubungan tersebut dimulai saat Zayn sudah putus dengan Geneva yaitu pada tahun 2011.

Jalinan kisah asmaranya cukup menjadi bahan pembicaraan karena perbedaan umur yang cukup jauh. Zayn pada saat itu masih berumur 18 tahun, sedangkan Rebecca berusia 24 tahun. Hubungan pasangan beda enam tahun ini juga tidak bertahan lama.

Perrie Edwards

Sumber: Instagram (perrieedwards)

Tidak lama setelah putus dengan Rebecca, Zayn kemudian dikabarkan menjalin hubungan dengan Perrie Edwards. Keduanya pertama kali bertemu saat One Direction menjadi bintang tamu di dalam acara The X Factor UK 2011 di mana Perrie menjadi salah satu kontestannya.

Gosip kedekatan mereka berdua cukup terdengar menghebohkan sebelum akhirnya mereka mengkonfirmasi hubungannya pada Mei 2012. Usia yang terbilang masih muda tidak menjadi halangan untuk mereka menjalin hubungan yang serius. Setahun kemudian, tepatnya pada Agustus 2013, mereka berdua resmi bertunangan. Bahkan, Zayn pun mulai mempunyai tato wajah Perrie di lengannya, lho.

Sungguh sangat disayangkan, dua tahun bertunangan tidak menjamin kelanggengan hubungan mereka. Pada Agustus 2015, mereka memutuskan untuk membatalkan pertunangan dan mengakhiri hubungan. Dalam sebuah wawancara, Perrie mengaku diputus oleh Zayn hanya melalui pesan singkat.

Tetapi saat ditemui di kesempatan lain, Zayn menyanggah pernyataan mantan kekasihnya itu. Dia mengatakan sangat menghormati Perrie sehingga tidak mungkin memutuskan hubungan yang telah terjalin lebih dari tiga tahun hanya melalui pesan singkat saja. Bagaimana niih menurut kalian guys?

Gigi Hadid

Gigi Hadid juga menjadi daftar wanita yang dikabarkan berpacaran dengan sang solois dalam biodata Zayn Malik lengkap ini. Gosip kedekatan mereka berdua terdengar saat paparazzi memergoki keduanya bersama-sama meninggalkan sebuah pesta pada tahun 2015 lalu. Diketahui, Zayn yang baru saja putus dari Perrie, sedangkan gigi juga baru mengakhiri hubungannya dengan Joe Jonas.

Tidak lama setelah gosip kedekatannya dengan Gigi, Zayn pun akhirnya mengunggah foto mereka berdua di akun Instagram pribadinya pada December 2015 lalu. Hubungan keduanya yang terjalin cepat, sempat memunculkan rumor kalau keduanya menjalin hubungan hanya untuk promosi saja, tetapi mereka menampik hal tersebut.

Hubungan keduanya bertahan cukup lama, bahkan Zayn Malik dan Gigi Hadid pernah terlibat sebuah proyek bersama dengan menjadi cover salah satu edisi manjalah Vogue pada bulan Juli 2017. Jauh sebelum pemotretan tersebut, Gigi juga sudah menjadi model videoklip milik Zayn Malik yang berjudul Pillowtalk.

Setelah dua tahun lebih menjalin hubungan, sebuah pernyataan mengejutkan datang dari mereka berdua melalui media sosial Twitter masing masing, yang mengatakan mereka putus pada Maret 2018. Walaupun begitu keduanya berujar tetap akan menjalin hubungan yang baik. Ditengarai, pemicu kandasnya hubungan mereka adalah kesibukan masing-masing yang begitu padat.

Tetapi, sepertinya Zayn Malik dan Gigi Hadid masih saling mencintai. Selang beberapa bulan putus, pada Juni 2018 mereka berdua kembali berpacaran.

Apa Kamu Tambah Nge-fans dengan Zayn Malik Setelah Membaca Biodata Lengkapnya di Atas?

Itulah tadi informasi yang bisa kamu ketahui melalui biodata Zayn Malik lengkap. Bagaimana menurutmu? Pastinya sudah banyak informasi yang telah menjawab keingintahuanmu, bukan?

Dari profil Zayn Malik yang ada di atas, ada sebuah pelajaran berharga yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu tidak nyaman atau tidak betah dengan situasimu saat ini, keluar dan carilah apa yang membuatmu bahagia. Hidup begitu singkat jika dihabiskan untuk melakukan yang tidak kamu sukai. Jangan sampai kamu menyesal, karena penyesalan selalu datang terlambat.